Hari Kamis tgl 26 May 2011, hari pengambilan raport si Ah Boy, jadi mommy & daddy cuti kerja buat ke sekolah. Pagi jam 10 jalan dari rumah, karena jadwal ambil raportnya jam 10.30. Begitu sampe di sekolah, masih tunggu 1 giliran lagi, habis itu kita dipanggil masuk sama wali kelasnya.
Guru kelas bilang si Ah Boy type good boy di kelasnya, ga suka bikin keributan dan kenakalan. Selalu nurut sama perintah gurunya, semua tugas dikerjakan dengan baik dan tepat, mandiri, kalo ada temen yg berantem, si Ah Boy duduk manis jadi penonton, bla...blaa...blaaa... selebihnya samar-samar soalnya mommy udah melayang ke negri di awan, saking bangganya denger banyak pujian buat si Ah Boy.
Waktu mommy liat nilai raportnya semua berkisar antara Good dan Very Good, wah senangnyaaa. Semua ditelusuri satu per satu, sampe pada baris tulisan "Recognise some simple word, like cat, dog, etc" pas liat nilainya..... Average....... *merem melek sebentar pastiin tulisannya beneran average*. Whaaaat.... mommy ga terima, langsung berapi2 tanya ke gurunya.....
"Miss, are you sure Nathan can't read a simple word? Because what i know, at home he can read whole book."
Mommy khawatir, kenapa anakku bisa berbeda 180 derajat. Ada yg salahkah dengan si Ah Boy?
Lalu dengan semangat "mommy kiasu" langsung minta si Ah boy baca di depan gurunya, hasilnya 1 kalimat panjang dibaca dengan cepat dan tepat. Sempat membuat si Miss terdiam sejenak. Akhirnya si Miss berkesimpulan kalo di kelas si Ah Boy disuruh baca dia malah diem aja, yg bikin gurunya berasumsi kalo dia ga bisa baca. Phiuuuuh.... lega deh mommy.
Habis selesai dari guru kelas, kita pindah ke guru bahasa chinese. Begitu salaman sama laoshi nya langsung si laoshi ngajakin ngomong pake mandarin panjang lebar. Waduh... daripada salah nangkep kata2 penjelasannya laoshi mending cari amannya aja deh : "Sorry Miss, can you speak english, please." Dan langsung di miss cengo dengan sukses.
"What, you can't speak chinese? are you sure? because Nathan can speak chinese very well, he can understand chinese very good. I can't believe that his parents can't speak chinese, i thought if the son's chinese very good, should be his parents teach him everyday at home... bla bla blaaa" *waduh laoshi...., anak saya dipuji setinggi langit, tapi koq malah mamanya jadi kedengeran bego ya. *_*
Akhirnya setelah dikasih penjelasan kalo sehari2 si Ah Boy di rumah sama phopho yg ngomong chinese barulah si laoshi mengangguk2 mengerti.
Dan nilai raport untuk pelajaran bahasa chinese semua hasilnya Very Good.
Guru kelas bilang si Ah Boy type good boy di kelasnya, ga suka bikin keributan dan kenakalan. Selalu nurut sama perintah gurunya, semua tugas dikerjakan dengan baik dan tepat, mandiri, kalo ada temen yg berantem, si Ah Boy duduk manis jadi penonton, bla...blaa...blaaa... selebihnya samar-samar soalnya mommy udah melayang ke negri di awan, saking bangganya denger banyak pujian buat si Ah Boy.
Waktu mommy liat nilai raportnya semua berkisar antara Good dan Very Good, wah senangnyaaa. Semua ditelusuri satu per satu, sampe pada baris tulisan "Recognise some simple word, like cat, dog, etc" pas liat nilainya..... Average....... *merem melek sebentar pastiin tulisannya beneran average*. Whaaaat.... mommy ga terima, langsung berapi2 tanya ke gurunya.....
"Miss, are you sure Nathan can't read a simple word? Because what i know, at home he can read whole book."
Mommy khawatir, kenapa anakku bisa berbeda 180 derajat. Ada yg salahkah dengan si Ah Boy?
Lalu dengan semangat "mommy kiasu" langsung minta si Ah boy baca di depan gurunya, hasilnya 1 kalimat panjang dibaca dengan cepat dan tepat. Sempat membuat si Miss terdiam sejenak. Akhirnya si Miss berkesimpulan kalo di kelas si Ah Boy disuruh baca dia malah diem aja, yg bikin gurunya berasumsi kalo dia ga bisa baca. Phiuuuuh.... lega deh mommy.
Habis selesai dari guru kelas, kita pindah ke guru bahasa chinese. Begitu salaman sama laoshi nya langsung si laoshi ngajakin ngomong pake mandarin panjang lebar. Waduh... daripada salah nangkep kata2 penjelasannya laoshi mending cari amannya aja deh : "Sorry Miss, can you speak english, please." Dan langsung di miss cengo dengan sukses.
"What, you can't speak chinese? are you sure? because Nathan can speak chinese very well, he can understand chinese very good. I can't believe that his parents can't speak chinese, i thought if the son's chinese very good, should be his parents teach him everyday at home... bla bla blaaa" *waduh laoshi...., anak saya dipuji setinggi langit, tapi koq malah mamanya jadi kedengeran bego ya. *_*
Akhirnya setelah dikasih penjelasan kalo sehari2 si Ah Boy di rumah sama phopho yg ngomong chinese barulah si laoshi mengangguk2 mengerti.
Dan nilai raport untuk pelajaran bahasa chinese semua hasilnya Very Good.
Good job Ah Boy.... Sukses bikin mommy bangga, hidung kembang kempis, kepala sedikit membesar dan serasa terbayang ke awan.
8 comments:
udah balik dari awan blom len? wkwkwkwk..
ah boy pinter ya, even mandarin juga bisa biarpun mommynya gak bisa hahaha.. lu mesti ikutan belajar juga ama pho2 tuh len :P
good job nathan!!
ntar bisa ngajarin mommy ngomong chinese dah ya.. hahaha
Hahahhaha si Nathan bikin heboh guru2nya. Good job, nilainya bagus. Dah betah yah di sekolah sekarang.
@pucca : wakakaka... terbangnya bentar doang, abis itu disuruh keluar kelas karena orangtua selanjutnya udah antri ambil raport berikut. :)
@arman : iya kadang2 gw kalo ga ngerti kata2 tertentu suka tanya dia, trus ntr Nathan jelasin pake english. :P
@daadaachan : iya udah enjoy sekolah skrg...
Cihui ah boy pinter!!
Mamanya juga ikutan bangga luar biasa nih ye..*colek colek* cieee..
AhBoy *pelok* kapan bisa bahasa indo ?! wakakaka~ * ga malu lo pit ama anak kecil ihiks*
wahhhh asik bgt sampe diangkat ke awan...pinter yah ahboy bisa 2 bahasa gitu..
kalau gw yg ambil rapot pasti dilempar dari awan wakakak soalnya yang berhub sama ngom yah gitu deh kaga ada perkembangan, jadi sama kaay ahboy kalau di kelas suruh nyanyi, ngomong diem aja padahal di rumah nyanyi dan ngom mulu.
udah gitu kalau di suruh ngom di skul ogah, jadi segala bentuk penilaian yg berhub sama buka mulut yah kaga ada kemajuan deh, dan kita berdua sudah terima nasib wakaka
@pinkbubble : iya mommy nya bangga, tapi pas sama guru chinese bangganya koq jadi ga rela gitu ya. wakakaka....
@pitshu : tenang Pit, pelan2 akan ku ajarkan si Ah Boy bahasa indo. :) malah kyknya skrg dia agak2 mulai ngerti bahasa hokkian, gara2 denger auntie di skulnya.
@mamipapa : nah itulah sama kyk si Ah Boy, gw jadi heran knp kalo di rumah ngomongnya bisa 100x lipat kenceng bukan main suaranya daripada di skul.
Post a Comment