Hari ini kita ikutan Full Day City Tour. Ini bisa di booking dari hotel sehari sebelumnya. Harga per orang dewasa THB 2.350, anak-anak THB 1.650.
Sesuai jadwal yg dikasih sehari sebelumnya berangkat dari hotel jam 8.30 pagi, tapi jam 8 udah ditelpon suruh kumpul di depan lobby, dan 8.15 kita udah mulai jalan.
Tournya gabung sama 2 keluarga lainnya. 1 couple dari Hongkong udah agak berumur, 1 keluarga dari Singapore ada 2 anak, cewe masih sekolah SD dan cowo udah SMP.
Perjalanan naik minibus. Tour guidenya laki-laki namanya Toto.
Elephant Camp
Tujuan pertama ke Elephant Camp. Di sini kita bisa naik elephant ride, trus dibawa keliling 1 puteran. Kayaknya itu gajah udah pada tua kali ya, jalannya pelan amat, sedikit merasa bersalah, kayaknya berat badan kita ga bisa diterima sama si gajah. (*_*)

Ga taunya ternyata Nathan juga merasa kasihan lho sama gajahnya, di tengah perjalanan naik gajah, tau-tau dia bilang "Daddy, Mommy, we must thanks to the elephant, okey...."
Jadi setelah selesai acara naik gajah, di sampingnya ada yg jual makanan buat gajahnya, kita beli sekeranjang buah seharga THB 100 buat Nathan kasih makan ke gajah. Thanks to the elephant atas usulnya si Ahboy....
Big Buddha
Selesai sama si Gajah, tempat tujuan selanjutnya ke Nakkerd Hill tempat Big Buddha. Perjalanan ga terlalu jauh.
Keterangan Foto : Patung Big Buddha, AhBoy sama marmer donationnya, Wat Chalong Temple tampak luar, Wat Chalong temple inside, Mesin Cashew NutBig Buddha di sini terbuat dari batu marmer putih. Marmernya kotak-kotak kecil kayak keramik, dan kita bisa kasih donation dengan cara tulis di sekotak marmer, dan nanti marmernya itu akan dipasang jadi material nya Big Buddha.
Si phopho di sini yg sembahyang, trus juga minta diberkati sama biksu, dikasih gelang dari benang sama biksunya.
Lunch
Harga tour yg kita bayar udah termasuk makan siang, jadi dari Big Buddha kita dibawa makan siang di pinggir pantai gitu. Nama restonya Kan Eang Seafood. Makanannya lumayan enak, menunya dipesenin ada yg pedes ada yg ga pedes, untung deh, jadi Nathan bisa makan juga.

Wat Chalong Temple
Habis makan, tujuan selanjutnya ke Wat Chalong, temple nya luas banget, terdiri dari 3 bangunan.
Bagunan pertama seperti Hall buat dipake kalo ada acara keagamaan. Kita ga bisa masuk ke sini karena katanya ini bangunan suci, jadi ga boleh sembarang orang masuk.
Bangunan kedua ini dibangun buat memperingati biksu tertua mereka. Konon katanya si Biksu ini umurnya udah tua sekali dan seumur hidup mengabdi sebagai biksu, jadi menurut kepercayaan dia dianggap sebagai orang suci. Kita juga ga masuk ke sini.
Kita cuma masuk ke Bangunan ketiga yg isinya patung-patung replica dari Buddha karena si Phopho mau sembayang juga di dalam sini.
Cashew Nut Factory
Dari Wat Chalong kita dibawa ke tempat pengolahan Cashew Nut, dikasih liat pohon Cashew, dikasih liat mesinnya, gimana proses buat pecahin kacang dari kulitnya. Habis itu sebelahnya ada toko yg jual cashew nut yg udah diolah, juga ada makanan-makanan lain khas Thaland.
Di sini kita dikasih coba minum juice cashew nut segelas kecil, rasanya ga karuan, manis, asem, asin trus kayak berasa ada soda nya gitu, kayak minum arak cina, tapi si AhBoy doyan booooo, sampe minum 2 gelas, konon katanya juice cashew berkhasiat buat kesehatan dan menyembuhkan penyakit tertentu. Akhirnya Daddy beli sebotol kecil concentrate nya, kalo mau minum tinggal dicampur sama air.
Chinese Temple & Old Mansion
Setelah puas belanja di toko cashew nut, kita dibawa ke chinese temple tertua yg ada di phuket.
Bangunan temple nya kecil banget, dan keliatan agak ga terurus. Kalo Old Mansion sepertinya khusus dilestarikan buat objek wisata.
Mansionnya sendiri udah berumur 100 tahun, pemiliknya dulu campuran Sino-Portuguese, kalo di Sing mungkin seperti keturunan Baba-Nyonya. Mansion ini katanya pernah jadi tempat pembuatan film "Young Indiana Jones" dan "Heaven and Earth". Ada yg tau film ini???

Farmhouse & Plantation
Tujuan terakhir adalah ke kampungnya orang Phuket dan rumah tradisional. Di sini kita diajak naik kereta yg ditarik kerbau, trus dikasih liat pohon karet mulai dari cara mereka ambil getahnya sampe diolah jadi rubber mat yg siap pakai dan di supply ke pabrik-pabrik sekitar.
Abis itu dikasih liat cara monyet manjat pohon dan petik kelapa, cepet banget, katanya monyet-monyet itu di training sejak umur 3 tahun dan ada sekolah khususnya.
Di sana dikasih liat juga mesin penggilingan padi yg manual, masih diulek-ulek pake tangan, trus ditampi buat pisahin padi sama beras.
Di sini yg excited si Ahboy secara di Sing belum pernah liat kampung. hahahhaa.....
Setelah dikasih minum soft drink sambil duduk-duduk di saung pinggir sungai akhirnya kita dianter pulang ke hotel.
Selesai sudah tour hari ini. Sampe di hotel jam 5 sore, dan Ah Boy lanjut jadi manusia ikan sama Daddy nyemplung ke kolam renang.....
to be con't...........
8 comments:
oh jadi deket ke big budha ini ya? bener.. jauh dari patong gua naek motor rasanya gak sampe2 ke sini..
kalo lu ikut tour2 dari hotel ya, kalo gua tour sendiri, irit murah meriah :D
naik gajah gitu serem gak sih len? hehe
Duh welas asih Ah bOy nih, ingat buat say thanks to the old elephant. Gua baru tahu di Phuket ada tempat wisata laen2 selain ke pantai hehe..
Len,... iya city day tour lu mahal deh keiknya...
tapi ya gpp lah asal semua sudah happy....
Len, kok ah boy mau dipoto dengan antengnya?
Gua jadi penasaran sama juice-nya Len. Warnanya apa yah? Si Ah boy hebat juga bisa doyan, mungkin lagi panas2 minum gituan jadi berasa seger yah?
hahaha.. ah boy kalo mau liat kampung lagi ke indonesia ajaaa.. banyakkk...
seru juga tour-nya.. kirain thailand cuma buat wisata kuliner ama shopping doang..
@pucca : bener, jauh banget Vi... soalnya dia kan di atas gunung gitu, jalan ke sana nanjak pula.
@arman : serem Man. hahahhaa....
@once in a lifetime : iya, gw jg kaget tiba2 dia ngomong thanks to elephant. akhirannya beliin makanan deh buat si gajah. :)
@bebek : soalnya daerah sekitar hotel ga rame Bek, ga kayak di patong. jadi ya udahlah biar ga repot ambil paket hotel aja.
@pinkbuble : udah gw ojlok2 buat foto, biar bsk2 bisa inget kalo pernah ke phuket, gitu yg omong ke dia, dan dia akhirnya nurut difoto. hehehehe....
@daadaachan : warna merah2 coklat gitu warnanya. gw jg bingung koq dia bs hbs 2 gelas.... :)
@mamana clo : klo ke indo cuma jakarta, ga keliatan kampungnya. hihihi... di phuket malah jarang ada mall, ga bisa shopping, beda sama bangkok. :)
Post a Comment