Tuesday, October 20, 2009

I'M SORRY MY SON

Dear Nathan,

Mommy have to say sorry, because mommy no choice have to put you into the child care (aka tempat penitipan anak).

Bukan maksud mommy untuk daftarin Nathan ke sana, tapi berhubung phopho udah sakit-sakitan, dan mau istirahat dulu sementara pulang ke Jakarta. Mommy ga bisa paksa phopho untuk tetap tinggal terus karena emang sejak Nathan lahir phopho jagain Nathan tanpa istirahat. Udah 2.5 tahun, begitu waktu cepat berlalu.

Walaupun minggu kemaren waktu ke child care mereka bilang belum terima anak baru, walaupun masih dalam waiting list, berat sekali hati mommy, tapi mommy blm ada pilihan lain yg lebih baik.

Berbagai macam pertanyaan terus muncul di pikiran mommy, bagaimana kalo Nathan nangis di sana, bagaimana kalo Nathan sakit di sana, bagaimana kalo Nathan lapar tapi bukan jam makan. Mungkinkah teachernya aware ? Sedangkan mereka juga menghandle 10 anak lain.
Sewaktu mommy survey tempat, mommy lihat jadwal kegiatan mereka, setelah lunch setiap anak langsung dimandiin, dan dilanjutkan dengan tidur siang. Di sana mommy lihat ada seorang anak perempuan dengan rambut masih basah, tidur di kasur gelar tepat di bawah kipas angin yg menyala di langit-langit. Duuuh.... semakin bertambah kekhawatiran mommy melihat hal seperti itu.

Phopho setiap kali cuma bisa menghibur mommy dengan bilang bahwa mudah-mudahan di sana Nathan bisa belajar lebih banyak hal baru, di sana nanti Nathan bisa lebih mandiri, bisa bersosialisasi dengan banyak teman. Tapi mommy merasa Nathan juga bisa belajar banyak hal tanpa harus ditaroh di child care. Buktinya di umur 2 tahun Nathan udah bisa baca lebih dari 20 kata, sudah bisa berhitung 1-100 dengan 3 bahasa, udah mengenal semua jenis warna dan bentuk.

Aah.... mommy cuma bisa berharap mudah-mudahan benar kata phopho nanti, kalo Nathan akan bisa belajar lebih banyak hal baru di sana, bisa lebih mandiri. Mommy cuma bisa berharap supaya kekhawatiran mommy bukan suatu hal yg beralasan.

Walaupun daddy selama ini cuma diam, tapi mommy yakin mudah-mudahan daddy juga punya kekhawatiran yg sama dengan apa yg mommy rasakan. Bukan seperti nainai yg terlihat bahagia mendengar Nathan akan dititipkan di child care, dan bilang akan mendoakan supaya segera ada tempat kosong dan Nathan bisa cepat masuk. Oh my God, sakit sekali hati mommy dengarnya.
Memang untuk saat ini cuma ini pilihan terbaik yg bisa diambil. Tapi mommy terus berdoa setiap malam supaya Tuhan bisa memberikan jalan lain sehingga bisa mommy sendiri yg jaga Nathan. Dan kalaupun memang harus child care jalan terbaik, semoga semua kekhawatiran mommy bisa dihilangkan.

Once again, I'm so sorry my son.....

24 comments:

Anonymous said...

emank sedih yah Len, kalo mau ga mau titip anak di day care, secara kita ga tau dan ga lihat keadaan dan kegiatan se anak dan juga serahin urusan jaga anak ke orang lain...

Amazing loh Lena, Nathan dari 2 th uda bisa baca 20 kata, gmana ajarin na yah bu..hehehe, Olive susah bener kl mo diajarain apa2..."sigh"

mamipapa said...

eh len..kl sewa nanny kerumah aja? mahal yah??? gw ada temen tuh belom kerja disana demen sama anak2...sapa tau mau jd nanny2 lumayan buat temen main nathan =) lumayan dia tambah2 uang jajan dan elo jd gak cemas lg..

dia belom ada PR sana jd gak bisa cari kerja, tp gak tau dia mau apa kaga hehehe...di rumah jkt dia buka montesory school gitu..

Shanni said...

yang sabar ya mommy... Nathan pasti ngerti kok Len, elo begini kan karena terpaksa, kalo ga pasti juga ga akan biarin Nathan masuk ke child care...

mudah2an phopho cepet sehat lagi jadi bisa jaga Nathan lagi ya :)

FeN said...

Setuju ama Shanni Len.. Moga2 si phopho cpt sehat, terus bs bantu jaga Nathan lagi.

Tapiii benernya skrg pan jg Nathan uda ampir mo sekolah bnrn kan?
Jadi paling nti di day care jg ga lama2 amat pan?

Nti paling mungkin waktunya lebih habis lebih lama di sekolah bnrn dong Len?
Biasa sekolah pada dari jam brp? Paling nti baru lanjut taro di day care gitu ya?
Ato gimana tertarik kalo ngerjain sesuatu dari rumah, misal tny ama boss elu gimana bs kerja dari rumah?

Semoga bisa menemukan jalan yg terbaik buat Nathan and elu jg :)

mamana clo said...

gw ikutan sedih...
Tuhan pasti bukakan jalan yang terbaik untuk pho2 dan Nathan..

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

@jot14 : iya May sedih banget nih. padahal blm confirm child carenya tp gw udah banyak bener khawatirnya.
Ga tau tuh Nathan tau2 bisa sendiri aja, mungkin banyak2 dibacain buku juga.

@mamipapa : itu lah Fel, gw agak2 parno kl anak gw di handle sm org ga kenal.

@shanni : thanks Shan...

@Fen : justru kl udah sekolah tambah pusing fen, sapa yg mau anter sekolah, trus selesai sekolah bawa ke child care... duuuh pusiiiing. kerja dr rmh ga memungkinkan di company ini.
thanks Fen...

@mamana clo : amiiin, thanks xiao.

Mommy Axel said...

Len, si Blonde (tempat gua numpang di Sing), anaknya dua2nya kok sekolah dari jam 7 pagi sampe jam 6 sore yak? Itu child care juga? Justru malah gua bilang itu bagus, dari pagi skul, siang lunch, terus bobo. Bangun2 sore, siap2 main dan pulang. Bahasa Mandarin dan bahasa Inggrisnya bagus sekali untuk anak umur 3 tahunan. Yang umur 5 tahun malahan fasih sekali banget banget. Cuma sampe bengong melongok dan jadi punya keinginan, seandainyaaaa... anak gue bisa sekolah kaya begitu juga. Tabah ya Mom. Memang cara pikir tiap orang itu beda2. Jia You!!

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

@mommy axel : iya itu child care deh kyknya soalnya buka 7AM - 7PM. iya sih ktnya anaknya akan bisa lebih mandiri krn kegiatannya udah terjadwal di sana. tp yg plg sering denger ya kl 1 anak sakit akan lebih cepat ketular, krn kan makan bareng, tidur bareng gitu.

Anonymous said...

Aih, turut sedih dengernya. Yang sabar ya len. Mudah2an aja ini pilihan yang terbaik untuk saat ini. Pikir positifnya aja. Mudah2an emang ah boy bisa belajar sesuatu yang baru. Gua doain juga semoga pho-pho bisa cepet sembuh ya...

Cyntha said...

duh..gw baca ini jd ikutan kepikiran juga niy secara selama ini pan aira juga dijagain ama pho2nya :( semoga pho2nya nathan cepet sembuh yaaa n bisa jaga nathan lagi..soalnya menurut gw jg ga ada yg lebih baik jaga anak kita selain keluarga ndiri. ga ada kekhawatiran gitu kalo yg jaga pho2nya.

tapi kalo emang ga ada jalan lain ya apa bole buat lah len...palingan coba cari child care yg rekomendasi terbaik aj. semoga elo dapet best way 4 nathan yaaa...

mamana felice said...

hmmm.... dilema banget yah...
semoga dibukakan jalan yang terbaik yah, Len...
semoga phopho cepet sembuh.
even nath musti masuk daycare, semoga gak lama2 dan dapet banyak pelajaran baru disana.

nathan pinter yah, udah bisa itung 1-100 dalam 3 bahasa, bisa baca 20 kata, uhuuuyy...
felcie baca belum bisa, ngitung baru sampe 20, belum mengenal bentuk juga.

semoga dikasih yang terbaik yah, len....

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

@enysusanto : iya, thanks ya En...

@cyntha : betul, kl dijaga sama keluarga sendiri emang udah paling tenang ya. gw sih pilih child care yg deket rmh Cyn. Thanks ya....

@mamana felice : sangat amat dilema sekali buat gw Ver.
pelan2 diajarin nya Ver, nathan dulu bisa kl dikasih gambar n kata, sekarang kl dikasih kata doang dia udah bisa baca kyk house, car, elephant, train, dll.
iya moga2 ada jalan yg terbaik Ver, thanks ya.

Veny said...

Len
sabar n doa aja biar lo tenang .
kalo g mikir si Pho2 n nai2 juga kasian , mrk dah tua pasti brasa cape jagain anak kecil meski cucu nya sndr , jadi lo hrs mikir positip nya aja .
semoga Ah Boy bisa mandiri n ga brasa lo tinggalin dia yah !

Arman said...

yah tiap pilihan pasti ada konsekuensi ya len... ada plus dan minusnya... tinggal ditimbang2 aja mana yang lebih banyak plus nya... ya gak...

masuk child care ya pasti perlu adaptasi... tapi lama2 pasti nathan bisa lah... :)

Felicia said...

Coba cari2 aja kenalan yang bisa dititipin Len, kek gw disini. Karena soon or later ntar juga kita ga bisa protect anak terus menerus.

Ga usah feeling guilty Len, gimana pun juga lu dah berusaha kasih yang terbaik, lu kan ga nitipin Nathan sembarangan ke tempat yang jelek. Jadi ambil sisi positipnya aja.
Soal sering sakit itu pasti kalo ngumpul bareng anak2 lain, kalo ga sekarang juga ntar waktu sekolah bakalan gitu. Jadi kalo sekarang udah dimulai mungkin pas sekolah udah kebal, denger pengalaman temen2 disini.

Punya anak berarti konsekuensinya menjaga dan membesarkannya, kalo grandma bisa jaga itu bagus, tapi sebaiknya kita nggak tergantung trus ama mereka karena tugas mereka membesarkan anak udah selesai, jadi jaga cucu bukan kewajiban mereka lagi. Mungkin mereka juga mau beristirahat sejenak dengan menikmati masa tuanya.

Sorry kalo komen gw beda dengan yang lain, tapi just my 2cents.

Anonymous said...

Nathan gw liat anaknya pinter, mukanya aja nyenengin..pasti dia baik-baik lah disana. Auntie ryna doain Nathan dapet yang terbaik yah, dan Nathan pasti ngerti mommynya nitipin dia karena harus kerja, demi masa depan Nathan yang lebih baik.

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

@veny : ho oh Ven gw juga mikir kasian si popo capek, kasih istirahat aja. moga2 nathan bisa lebih mandiri deh di sana ya... thanks ya Ven.

@arman : ini tiap hari juga gw udah usahain mikir yg plus2 nya aja Man. moga2 waktu buat dia adaptasi ga lama ya... Thank u ya Man.

@felicia : di sini gw ga ada kenalan yg bisa dititipin Fel. Nah itulah Fel, gw merasanya koq jadi mama ga bisa menjaga n membesarkan anak gw sendiri mesti pake acara dititipin segala.
tapi ya itulah gw sekarang no choice, mo bilang apalagi. soal takut sakit sih mulai skrg udah gw tambah vitaminnya biar daya tahannnya lebih kuat.
It's ok Fel, i really need support to wash my brain biar ga feel guilty terus nih. Thanks banget ya... :)

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

@thesalem : nathan itu sebenernya hatinya soft banget auntie. kl ada org yg marah2 di deket dia, dia bisa langsung diem walaupun bukan marahin dia, bisa diinget terus sampe berbulan2. :)
thanks ya auntie ryna.

angel said...

will be my future dilema juga nih kek nya. knp ga di taro di childcare deket ktr aja len? nti sapa tau bisa satu childcare sama baby gw. jadi koko nathan bs bantu jagain baby gw haha..ada mau nya :p

Pucca said...

iya, tiap ibu pasti akan sedih kalo harus nitipin anaknya len, mudah2an kekhawatiran lu gak terjadi ya, semoga disana nathan bisa mandiri, bisa lebih bergaul dengan teman2..

Anonymous said...

Hi Lena & Nathan

Met kenal ya.Gw juga lagi dilema mau balik kerja 2 nov nanti
walaupun dah less than 2weeks, Jeremy seh blon dapet tmpat, dan lg gw ga trus cari2 cuma nungguin 1tempat aja, karna yah masih ga rela jga ngelepasin J Xp. Sama bgt gw khawatir dia nangis, khawatir mknnya gmn kan J klo mkn harus dibujuk2 dsb. Kita sih skrg dlm proses pasrah
Gw jg percaya Tuhan pasti memberi jalan yg terbaik buat kita smua :).

Kalo Nathan emang jadi masuk cc, smoga cepet adaptasinya jadi kurang 1 kekawatiran mommyna.

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

@angel : di deket kantor sini ada child care dimana Ngel? gw sih prefer deket rmh, secara ntar pagi2 bawaannya segambreng ga tuh? tp kl kepepet dkt kntr jg ok deh.

@pucca : iya Vi, thanks ya...

@myjbless : Hi Tin, iya nih gw jg pasrah aja deh. Kita liat aja ntar apa yg terjadi. :) Thanks ya...

Patzie said...

TENANG LEN!!!
Lo gak sendirian yg punya problem ini n juga bukan berarti lo mengabaikan nathan. Ini hanyalah suatu tindakan yg harus dilakukan semestinya.. *loh kok seperti menjudge yah* hahaha...
Hallah pokoknya semua harus dipilih yang terbaik lah... JIA YO MOM!!

Sorry kmaren ke spore gak contact2 soalnya gw takut gak sempet ketemu.. drpd janji gak sempet mendingan gak janji.. hehehe MAAP yah.

Ah Boy and Ah Girl's Mom said...

@patzie : thanks Pat...
iya lu, gw sampe kaget tau2 liat foto2 lu ke spore. sip sip lain kali aja ya ketemuannya.