Bermula dari jalan-jalan di ION Orchard, kita lewatin JTB (Japan Tourism Board), trus di depannya terpajang gede-gede iklan paket free & easy to Tokyo. Paketnya 4D3N termasuk flight by SQ + Hotel 5* + 2 way Airport Transfer + free Disneyland ticket. Akhirnya kita putuskan ambil paketnya dan tambah 1 malem lagi jadi 5D4N.
Day 1 : January 8, 2011
Berangkat dari rumah ke Changi Airport Terminal 3 jam 12.30 PM. Sampe sana check in bagasi, beli suvenir dan barang titipan orang kantor Japan, especially mereka pada titip beli rokok. Ternyata baru tau kalo rokok di Duty Free emang murah banget. 1 slop (20 bungkus) cuman SGD 20, jauh banget bedanya kalo harga yg udah kena tax SGD 12/bungkus.
Pesawat berangkat jam 3.40 PM, kita naik Singapore Airlines, perjalanan total kira-kira 6,5 jam. Sampe di Haneda Airport jam 11 PM waktu Japan, di sana beda 1 jam dari Singapore.
Mampir dulu ke counter mesin buat beli kartu MRT, kartunya namanya PASMO, pake deposit 500yen, sisanya terserah kita mau isi kartu berapa duit, pertama sih kita isi masing-masing 2.000yen. Di kartunya bisa dicetak nama, jadi kalo kartunya hilang bisa re-issue.
Begitu keluar airport buat tunggu bus transfer ke hotel, walaupun udah pake jaket tebel tetep aja kaget sama dinginnya. Langsung cepet-cepet keluarin perlengkapan perang, topi, sarung tangan, syal, dll. Saat itu suhunya sekitar 6'C. Menurut jadwal bus akan dateng jam 00.25 AM. Jadi kita masih tunggu sekitar 40 menit.
Foto 1 : Nathan lagi seru main games di pesawat.
Foto 2&3 : kedinginan menanti bus jemputan dari airport ke hotel
Begitu bus dateng langsung cepet-cepet naik ke dalem, rasa dinginnya mulai berkurang, lama-lama berubah jadi hangat. Aaahhh.... lega deh. Oh ya, budaya sana dengan budaya Singapore beda banget lho. Kalo di Sing, begitu naik taxi atau bus, harus kita sendiri yg angkat-angkat naikin koper, tapi di sana sewaktu daddy mau angkat koper masuk ke bagasi bus, eeeh.... malah petugas dan supirnya tereak-tereak bilang ga boleh, kopernya suruh taroh aja di trolley, trus mereka yg angkat masukin ke dalam bagasi.
Kita nginep di Hotel Grand Pacific Le Daiba, sampe sana check in sekitar jam 2 AM, dianter ke kamar sama petugas hotelnya yg perempuan dan dia yg dorong-dorong koper kita, jadi ga enak hati rasanya, biasa kan bellboy itu laki-laki. Dan di Japan ga mengenal budaya tips.
Habis itu beres-beres, mandi, langsung deh ngumpet di balik selimut sampe pagi.Day 2 : January 9, 2011
Bangun jam 9 pagi. Ngintip dari jendela cuaca cerah, jadi kepikiran mau jalan-jalan sekitar hotel sambil sarapan. Tapi berhubung Nathan belum bangun, jadinya cuma mommy & daddy aja yg keluar, sedangkan popo di kamar nungguin Nathan.
Sebrang hotel ada shopping centre dan di sana kita liat ada Mc Donald. Akhirnya kita masuk ke sana. Begitu di depan cashier bingung mau pesen apa, semua menu pake bahasa Japan, dan orangnya ga bisa bahasa English. Akhirnya pake body languange, tunjuk-tunjuk gambar di menu. Di sana ternyata Mc.D bukan halal, jadi ada burger pake daging b*bi.
Balik ke hotel ternyata si Ah Boy udah bangun. Akhirnya mandi, sarapan sambil tunggu dijemput sama ex boss nya mommy di Singapore, Aoki-san, yg sekarang ditarik balik ke kantor pusat Tokyo. Sekitar jam 12, Aoki san dateng langsung jalan, naik MRT ke daerah kantor HQ nya mommy. Lokasinya lumayan bagus, sepanjang jalan berderet-deret pohon sakura di kiri-kanan jalan. Kalo musim spring pasti bagus banget deh.
Setelah lunch kita jalan ke Yasukuni Shrine, semacam monumen buat mengenang Perang Dunia. Di sini lagi rame banget karena awal tahun baru, jadi mereka pada dateng ke sini buat berdoa.
Dari situ janjian sama istri dan anaknya Aoki san, trus diajakin ke Asakusa. Tempatnya kayak night market gitu, rame banget, ga beda jauh lah sama Bugis Street nya Singapore. Banyak yg jual souvenir dan makanan cemilan.
Akhirnya pas udah jam 6 sore, yg mana langitnya udah gelap banget (di sini kalo winter jam 3 sore aja udah mulai gelap). Kita langsung jalan lagi buat janjian dinner sama ex GM nya mommy, Tokumoto-san. Kali ini diajak makan Japanese Steamboat, restonya lumayan penuh hari itu, untung udah reserved meja, dan kita dapet meja yg model pendek dan duduk di lantai gitu. Waduh yg ada kaki mommy kesemutan mulu deh selama acara makan. Makanannya enak, semua berasa fresh banget, apalagi udang, ikan, dkk.Habis makan akhirnya pulang ke hotel langsung tidur dengan perut kegendutan.
Day 3 : January 10, 2011
Jam 9 pagi udah janjian akan dijemput trus pergi bareng sama istrinya Aoki-san dan anak nya. Cuaca hari itu dingiiiiiiiinn banget. Anginnya kenceng, jadi berasa banget sampe ke tulang, walaupun udah pake baju 3 lapis. Hari ini kita rencana ke Sanrio Puroland. Ternyata tempatnya jauh... dari hotel kita harus ganti 4 kali kereta. Untung sebelumnya udah top up lagi kartu MRTnya. Perjalanan kurang lebih 1 jam.
Sampe di sana bayar tiket masuk 4.400yen /orang. Di bawah 4 thn gratis. Pas masuk ke dalem kesan pertama kuciwa banget karena koq tempatnya kecil. Kirain besar kayak disneyland gitu.... Tapi makin masuk ke dalem, kecewanya hilang sudah, karena tempatnya baguuuuss... Apalagi setelah liat karakter-karakternya, Hello Kitty, Little Twin Star, Minanotabo, Cinamoroll, KeroKeropi, dkk. Waaaahhh.... cakep!!!
Apalagi setelah beli-beli makanannya... huaaa kawaiiiiii.... ada pancake bentuk hello kitty, biskuit hello kitty, ada ice cream pake gelas bentuk shinkansen, sampe ramen pun dihias hello kitty. 

Pas lagi jalan-jalan, iseng-iseng suruh Nathan main games nya, jadi kita bayar 500yen trus boleh ambil 1 undian berhadiah. Dan Nathan dapet hadiah keset kaki gambar Hello Kitty. Mommy nya seneng banget, tapi lebih seneng lagi kalo bisa dapet hadiah koper Hello Kitty. hahahaha....
Ga jauh kita liat ada orang yg bikin foto siluet, jadi kita bayar 1.700yen, dapet 2 foto. Bingkainya beli terpisah @1.100yen. Nathan disuruh duduk tampak samping, trus orangnya pake kertas dan gunting langsung bikin bentuk wajahnya Nathan, ga sampe 5 menit langsung jadi. Hebat banget euy...
Habis itu nonton shownya sebentar karena udah kelewatan setengah jalan soalnya sebelumnya kita naik boat ride nya.
Kira-kira 3 jam kita di dalem, sebelum keluar mampir dulu ke toko souvenirnya kurleb 1 jam habis buat shopping. Habis itu balik naik MRT, sampe Shinjuku kita pisah sama istrinya Aoki-san.
Balik ke hotel taroh barang, trus turun lagi nyebrang ke mall buat dinner. Setelah muter-muter akhirnya masuk ke resto sushi & sashimi. Dari semua staffnya cuman 1 yg bisa ngomong English, itupun minim banget, akhirnya pesenannya pake tunjuk-tunjuk menu deh. Yg pasti makanannya enak, dan berasa beda kalo dibandingin sama sushi di Singapore. Total kerusakan 7.000yen.
Cepet balik hotel buat istirahat, menanti perjalanan besok ke Disneyland.
Day 4 : January 11, 2011
Yihaaaa... hari yg ditunggu-tunggu tiba juga, jam 10 pagi dijemput sama bus yg disediain hotel. Perjalanan dari hotel ke Disneyland 30 menit saja. Sampe di gerbangnya, antri buat tukerin voucher gratisnya sama tiket masuk. Nathan tetep gratis dibawah 4 tahun, sedangkan untuk phopho kena harga senior yg lebih murah sedikit. Di sana kita cuma bayar sewa stroller seharga 700yen.

Begitu masuk langsung disambut sama banyak karakter disney buat foto-foto. Yg pasti Mickey & Minnie antriannya panjang banget. Karena mommy males nunggu antrian mending pilih foto-foto sama karekter lain aja dulu deh.
Ehh... pas balik lagi mau antri mickey, antriannya udah ditutup. Ya sudahlah... nasiiib.
Masuk ke dalem disambut sama disney store di kiri dan kanan jalan sementara di depan mata disney castlenya bagus dan megah banget.
Tujuan pertama langsung ke Fantasy Land dimana Mickey dkk ada di sana. Begitu sampe langsung deh antri masuk ke dalem rumah Mickey dan di dalem bisa foto bareng sama Mickey. Walaupun pas di depan pagernya udah dikasih tau antriannya kurleb 1 jam, tetep deh dibela-belain.
Selesai keluar dari Mickey's House langsung cari makan dulu. Beli Mickey pizza, Donald sandwich, sosis, dan set lunch buat Nathan.
Habis makan baru muter-muter, ketemu lagi sama disney karakter yg lain, ada guffy, pluto, clarabell, dll. Agak kecewa di sini karena acara fotonya ga pake antri, jadi dorong-dorongan gitu, dan yg ikutan foto cewe-cewe japan yg udah gede, ya pastilah Nathan kedorong-dorong, kejepit di tengah kerumunan gitu.
Dari situ masuk ke "It's a small world", ini ga beda jauh sama istana boneka dufan. Mulai dari sini Nathan mulai cranky, minta pulang ke hotel terus, Sigh....
Nonton paradenya pun ga mau, bawel bener, bilang speaker musiknya kekencangen, sampe tutup kuping dan pake teriak-teriak pula. Hadooowww....
Akhirnya mommy & daddy ajakin main ridenya aja, dan untung Nathan mau dan ga rewel lagi. Kita naik Alice wonderland Cup, Flying Dumbo, antrinya 1/2 jam lebih, mainnya cuman 5 menit.
Karena Nathan jg udah capek dan ngantuk, abis itu kita cuman muter-muter aja ke area disneyland yg lain, sambil duduk-duduk bentar beli popcorn, masuk ke toko-tokonya, trus sambil jalan ke main roadnya, habis itu baru deh masuk ke setiap disney storenya sambil nunggu waktu sampe bus jemputannya dateng.
Selama winter Disneyland tutup lebih cepet, jam 7 udah tutup dan ga ada acara kembang apinya. Jam 6.30 PM kita udah keluar dan nunggu bus nya dateng. Balik hotel, dinner, lanjut sibuk packing buat pulang besok subuh.
Day 5 : January 12, 2011
Jam 3 subuh udah bangun siap-siap karena jam 4 AM udah dateng jemputan ke airport. Yg pasti si Ah Boy malem sebelumnya kita suruh tidur pake baju lengkap, jadi pas berangkat tinggal angkut aja, ga usah ganti baju lagi.
Turun ke bawah check out Hotel trus disuruh tunggu sampe 4.15AM baru jalan, disediain taxi yg 7 seater, walaupun kita ga usah bayar lagi taxinya karena udah termasuk dalem harga paketnya, tapi argo tetep dinyalain. Jadinya kita tau, perjalanan dari Hotel - Haneda Airport yg cuma 15 menit tapi harganya bikin kaget dan mata melotot liat argonya, hampir 6.000 yen = +-SGD 100.
Sampe di airport jam 5AM, check in bagasi. Nathan udah bangun. Langsung kita masuk boarding, liat-liat duty free shop yg baru pada mulai buka. Karena masih lama, kita duduk dulu minum kopi, dan makan Ramen. Jam 6AM masuk pesawat dan 6.25AM take off....
Bye-bye Tokyo..... we'll see you again next time.
*Special thanks for Aoki san family dan Tokumoto san, yg udah mau direpotin sama kita.







11 comments:
waduh....seneng amat jalan-jalan ke Tokyo...
Nathan cuma rewel dikit kan di disneyland...mungkin dia capek aja kali ya...huaa..itu Sanrio Puroland bikin ngiler amat yaaa...beli2 barang dagangan gak Len? gue bisa ikutan ngiler juga tuh
waaaa... gua selalu pengen lho ke tokyo. moga2 someday gua bisa kesana... rasanya tokyo itu keren banget... :D
sayang ya nathan kurang enjoy di disneyland, padahal gua baru mikir kok lu ke disneylandnya cuma 1 hari sih mana puas. hehehe.
sanrio puroland nya walaupun kecil tapi bagus ya... :)
wahhh seru seru...mudah2an someday gua nyampe ke sini juga ...hehehhee
bagusss yaa...tapi mehong2 yaa...
lucky you have been there....
@journal mommy yenny : iya mungkin dia ngantuk kayaknya deh. dagangan pasti ada dong Yen... hihihi.
@arman : dari dulu gw jg pengen bgt ke tokyo Man, tapi udah sampe sana koq rasanya biasa aja ya... hahaha. gw sehari cukup lah Man, soalnya ga naik2 ride nya, ngantrinya males. :)
@mamie_funky : iya barang di sana bagus2 euy... tp udah ga terlalu mahal2 skrg karena bnyk yg made in china.
Nathan cranky karena kedinginan kali ya? clo juga waktu di HKDL pas hari pertama banyakan diem, kaget ama perubahan cuacanya.. nanti lagi cobain pas musim panas len :)
Paket JTB-nya menarik tuh.. sayangnya di JKT ga ada..
@mamana clo : mungkin jg karena dingin ya... jadi dia kurang enjoy deh. iya paket JTB nya lumayan murah, makanya langsung tertarik deh.
Wuaaaaa tokyo!!
One of dream destination nih :)
Seru yaaaa seru...aku kebayang disneyland nya nih!!
wuah seru banget :) kok ga ada foto siluetnya itu Len :)
iya mungkin si Nathan kedinginan kali ya makanya agak cranky... nanti kalo kesana lagi pasti ga cranky deh mommy :D
Wuih seru banget ya.. Itu udah sampenya malam2, trs winter begitu masih mandi ya, Len hehe? Tokyo Disneyland emang the best katanya.
@pinkbuble : hanimun ke sana aja El... hehehe.
@shanni : fotonya masih diem di Hp shan, blm di pindahin ke komp. :)
@once_alifetime : iya... perjalanan panjang jadi pas sampe pengen mandi, lagipula kamar mandinya gedee sih, jadi betah mandinya. hihihi...
waaa senengnya , g kirain lo ajah yg pergi tugas kantor . ooo si ahboy ikut juga ternyata .
Post a Comment