Aduuuuh BETE!!!! stress, kesel, takut, semua campur aduk jadi satu. Dan penyebabnya adalah..... thanks to ENT doctor. Yup nanti sore jadwalnya mommy kontrol lagi sama dokter THT.
Bermula dari tgl 9 May'10 yg lalu. Waktu lagi di Jakarta dalam rangka jumpa fans nya koko Kevin. Tengah malam jam 12, dimana seisi rumah lagi asik2nya tidur, tiba2 kuping kanan mommy sakit sekali, berasa kayak ditusuk2 jarum dalamnya, sampe2 kepala rasanya pengen dicopot aja. Akhirnya karena sakit yg amat sangat, mommy bangunin phopho, dan phopho kasih saran coba minum panad*l buat paint killer. Setelah minum obat itu, tetep aja sakitnya ga ilang2, malah makin lama makin tambah sakitnya. Telpon daddy yg lagi di Sing sambil meraung2 *lebay*.
Akhirnya phopho bangunin ii Dewi buat anter mommy ke dokter. Jadinya jam 00.30 mommy dianterin ii Dewi ke RS terdekat, sementara phopho temenin Nathan yg lg bobo di rumah. ii Dewi yg masih setengah sadar dari tidurnya, ditambah mommy yg meraung2 kesakitan di dalem mobil, jadi bikin ii nyetirnya ga pake rem. Untung dari rumah ii ke RS PIK cuma 5 menit. Kalo ga udah sakit kuping bisa ditambah sakit jantung deh.
Sampe RS langsung ke bagian UGD, langsung di suruh tiduran, trus ditanya2 keluhan sakitnya sama suster, begitu dokternya dateng, dokternya langsung tanya, sebelumnya mommy kena flu ga? dan jawabannya iyaaaaa. Flu pake pilek, batuk, demam, dan sakit tenggorokan. Nah... jadi kesimpulan si dokter, infeksi dan kawan2 yg dari flu itu sekarang naik ke saluran telinga.
Dan dokternya menganjurkan untuk periksa ke THT besok, sedangkan paginya kita udah mesti balik ke Sing. Jadi dokter cuma bisa kasih suntikan penghilang sakit dan beberapa tablet untuk diminum di pesawat, nanti selanjutnya baru diperiksa sama dokter di Sing.
Begitu sampe Sing (Senin siang) sakitnya tambah parah, telinga sakit, pendengaran ga jelas (budek sebelah kanan), ditambah kepala sakit, pengelihatan jadi blur (mungkin ada saraf yg nyambung kali ya), berasanya kayak mabok, jadi pusing2 dan mual yg ada bawaannya muntah terus. Jadi seharian cuma terkapar di tempat tidur.
Selasa pagi baru ke dokter umum deket rumah, itu pun ditemenin sama daddy karena sepanjang jalan harus dipegangin, kalo ga jalannya kyk org mabok ga bisa lurus, karena pusing2.
Sama dokter dikasih AB, obat mual, pain killer, obat tetes kuping. Hari Kamis disuruh balik lagi, karena dokternya mau liat perkembangannya budeknya. Pas diperiksa, sakitnya udah jauh berkurang, dan kata dokter telinganya ga rusak, jadi budeknya itu mestinya bisa cepet ilang.
Ternyata oh ternyata sampe 1 minggu kemudian, hari Rabu tgl 19 May'10 belum sembuh juga. Obat yg dikasih pak dokter udah habis, tapi budeknya masih, dan rasa sakitnya masih muncul kadang2. Dan karena dokter udah bo huat, ga tau mau kasih obat apa lagi, dia bilang semua jenis obat yg dia punya udah dikasih, jadi dia bingung harus resepin obat apa lagi. Oleh karena itu dia bikin referal letter ke dokter spesialis ENT (Ear Nose & Throat) di Mount Elisabeth, sebetulnya dia ada kasih pilihan mau di Mount E apa mau di government hospital, tapi kl di government hospital biasanya mau bikin appoinment harus tunggu, kadang kalo dokternya terkenal bisa nunggu sampe 1-2 bulan. Whaaaat.... kuping udah budek dan sakit gini masih disuruh tunggu 2 bulan, seminggu aja rasanya udah ga enak. Semua org kalo ngomong mesti agak teriak, yg kata Maryna, mama Dea, udah kyk di film Srimulat. wakakakaka....
Jadilah tgl 20 May'10 dijadwalin ke dokter ENT di RS Mount E, sore jam 15.30. Sekalian daddy bawa Nathan yg lagi batuk2 ke DSA di paragon, sebrang2an sama RS nya.
Begitu masuk ruang dokter yg dinginnya aujubileh, disuruh tiduran, pertama2 dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dokternya cek hidung, dengan cara dimasukin selang (yg ada kyk lampu dan kamera) dari lubang hidung dan entah bagaimana itu selang tau2 masuuuukk aja kedalem sampe bisa ketemu saluran tenggorokan dan saluran yg nyambung ke telinga. Sakitnya....??? Ga usah ditanya dah. Dan kesimpulannya mommy terkena infeksi sinus juga kata pak dokter.
Habis itu periksa kupingnya, pas dicek ternyata dibalik selaput telinga bagian ear drum, keliatan ada warna kekuning2an, yg katanya udah kelamaan jadi udah bernanah di dalem. Inilah penyebab kebudekan itu. Dan dikasih 2 pilihan, makan AB sampe budeknya ilang tapi ga tau sampe kapan, ga ada waktu yg jelas. Atau dilakukan surgery, dimana begitu keluar dari ruang dokter budeknya langsung ilang. Dan dokter mulailah menjelaskan prosedur belek membelek itu. Katanya ga sakit dan paling lama 2 menit udah kelar, karena cuma cut selaput telinganya trus sedot cairannya, beres deh. Dan itu semua pake bius lokal.
Tapi tetep aja, biarpun pak dokter udah kasih ceramah panjang lebar, bilang ga sakit, bilang prosesnya cepet, bla bla bla. Yg namanya denger operasi tetep bikin nyali ciut kan. Langsung mommy cepet2 telp daddy, yg kebetulan udah selesai urusan sama DSA nya Nathan. Langsung suruh dateng ke tempat mommy. Begitu daddy dateng langsung eksekusi pemotongan dilaksanakan. Dan semuanya bisa diliat jelas di tivi yg ada di depan mata.
Pertama kuping bagian dalemnya di suntik bius. Sakit booow. Abis itu selaputnya di cut, and the best part, begitu mau disedot, ternyata di dalem udah bukan hanya cairan air, tapi udah mengental, udah kyk lem kanji, lendir kental dan lengket. Jadi sedotnya susah, ga mau keluar2 itu lendir, akhirnya di bantu pake alat penjepit, dijepit keluar sedikit2, abis itu selaput yg udah di cut itu dipasangin tube, keliatan di tivi sih kyk corong terbuat dari plastik atau karet gitu. Dipasang biar lubangnya tetep terbuka untuk beberapa waktu supaya ada udara masuk ke ear drumnya biar mengering, kalo ga takut ketutup lagi ntar bernanah lagi.
Dan ternyata... acara eksekusi ini yg diperkirakan kurang dari 2 menit, malah berlangsung 15 menit, karena keluarin lendirnya itu lama bener. Trus pas udah selesai kata dokternya tube nya akan berdiam di dalem kuping kurleb 4-6 bulan dan nanti akan keluar sendiri. Whaaat.... jadi itu "benda" akan ada di dalem kuping selama SETENGAH TAHUN.
Emang betul begitu keluar dari ruang praktek dokternya pendengaran serasa terbuka, budeknya udah ilang walaupun belum 100% normal. Tapi biarpun sakit telinganya udah hilang, yg ada berganti jadi sakit hati, karena melihat tagihan bon nya.
15 menit waktu yg diperlukan untuk melenyapkan si cairan dari kuping, dan 15 menit pula waktu yg diperlukan untuk melenyapkan lembaran $ 1,400.00 dari dompet.
Dan.....
Dalam waktu 1 jam lagi, mommy akan kembali ke ruang eksekusi itu. Wish me luck.....
Bermula dari tgl 9 May'10 yg lalu. Waktu lagi di Jakarta dalam rangka jumpa fans nya koko Kevin. Tengah malam jam 12, dimana seisi rumah lagi asik2nya tidur, tiba2 kuping kanan mommy sakit sekali, berasa kayak ditusuk2 jarum dalamnya, sampe2 kepala rasanya pengen dicopot aja. Akhirnya karena sakit yg amat sangat, mommy bangunin phopho, dan phopho kasih saran coba minum panad*l buat paint killer. Setelah minum obat itu, tetep aja sakitnya ga ilang2, malah makin lama makin tambah sakitnya. Telpon daddy yg lagi di Sing sambil meraung2 *lebay*.
Akhirnya phopho bangunin ii Dewi buat anter mommy ke dokter. Jadinya jam 00.30 mommy dianterin ii Dewi ke RS terdekat, sementara phopho temenin Nathan yg lg bobo di rumah. ii Dewi yg masih setengah sadar dari tidurnya, ditambah mommy yg meraung2 kesakitan di dalem mobil, jadi bikin ii nyetirnya ga pake rem. Untung dari rumah ii ke RS PIK cuma 5 menit. Kalo ga udah sakit kuping bisa ditambah sakit jantung deh.
Sampe RS langsung ke bagian UGD, langsung di suruh tiduran, trus ditanya2 keluhan sakitnya sama suster, begitu dokternya dateng, dokternya langsung tanya, sebelumnya mommy kena flu ga? dan jawabannya iyaaaaa. Flu pake pilek, batuk, demam, dan sakit tenggorokan. Nah... jadi kesimpulan si dokter, infeksi dan kawan2 yg dari flu itu sekarang naik ke saluran telinga.
Dan dokternya menganjurkan untuk periksa ke THT besok, sedangkan paginya kita udah mesti balik ke Sing. Jadi dokter cuma bisa kasih suntikan penghilang sakit dan beberapa tablet untuk diminum di pesawat, nanti selanjutnya baru diperiksa sama dokter di Sing.
Begitu sampe Sing (Senin siang) sakitnya tambah parah, telinga sakit, pendengaran ga jelas (budek sebelah kanan), ditambah kepala sakit, pengelihatan jadi blur (mungkin ada saraf yg nyambung kali ya), berasanya kayak mabok, jadi pusing2 dan mual yg ada bawaannya muntah terus. Jadi seharian cuma terkapar di tempat tidur.
Selasa pagi baru ke dokter umum deket rumah, itu pun ditemenin sama daddy karena sepanjang jalan harus dipegangin, kalo ga jalannya kyk org mabok ga bisa lurus, karena pusing2.
Sama dokter dikasih AB, obat mual, pain killer, obat tetes kuping. Hari Kamis disuruh balik lagi, karena dokternya mau liat perkembangannya budeknya. Pas diperiksa, sakitnya udah jauh berkurang, dan kata dokter telinganya ga rusak, jadi budeknya itu mestinya bisa cepet ilang.
Ternyata oh ternyata sampe 1 minggu kemudian, hari Rabu tgl 19 May'10 belum sembuh juga. Obat yg dikasih pak dokter udah habis, tapi budeknya masih, dan rasa sakitnya masih muncul kadang2. Dan karena dokter udah bo huat, ga tau mau kasih obat apa lagi, dia bilang semua jenis obat yg dia punya udah dikasih, jadi dia bingung harus resepin obat apa lagi. Oleh karena itu dia bikin referal letter ke dokter spesialis ENT (Ear Nose & Throat) di Mount Elisabeth, sebetulnya dia ada kasih pilihan mau di Mount E apa mau di government hospital, tapi kl di government hospital biasanya mau bikin appoinment harus tunggu, kadang kalo dokternya terkenal bisa nunggu sampe 1-2 bulan. Whaaaat.... kuping udah budek dan sakit gini masih disuruh tunggu 2 bulan, seminggu aja rasanya udah ga enak. Semua org kalo ngomong mesti agak teriak, yg kata Maryna, mama Dea, udah kyk di film Srimulat. wakakakaka....
Jadilah tgl 20 May'10 dijadwalin ke dokter ENT di RS Mount E, sore jam 15.30. Sekalian daddy bawa Nathan yg lagi batuk2 ke DSA di paragon, sebrang2an sama RS nya.
Begitu masuk ruang dokter yg dinginnya aujubileh, disuruh tiduran, pertama2 dan tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dokternya cek hidung, dengan cara dimasukin selang (yg ada kyk lampu dan kamera) dari lubang hidung dan entah bagaimana itu selang tau2 masuuuukk aja kedalem sampe bisa ketemu saluran tenggorokan dan saluran yg nyambung ke telinga. Sakitnya....??? Ga usah ditanya dah. Dan kesimpulannya mommy terkena infeksi sinus juga kata pak dokter.
Habis itu periksa kupingnya, pas dicek ternyata dibalik selaput telinga bagian ear drum, keliatan ada warna kekuning2an, yg katanya udah kelamaan jadi udah bernanah di dalem. Inilah penyebab kebudekan itu. Dan dikasih 2 pilihan, makan AB sampe budeknya ilang tapi ga tau sampe kapan, ga ada waktu yg jelas. Atau dilakukan surgery, dimana begitu keluar dari ruang dokter budeknya langsung ilang. Dan dokter mulailah menjelaskan prosedur belek membelek itu. Katanya ga sakit dan paling lama 2 menit udah kelar, karena cuma cut selaput telinganya trus sedot cairannya, beres deh. Dan itu semua pake bius lokal.
Tapi tetep aja, biarpun pak dokter udah kasih ceramah panjang lebar, bilang ga sakit, bilang prosesnya cepet, bla bla bla. Yg namanya denger operasi tetep bikin nyali ciut kan. Langsung mommy cepet2 telp daddy, yg kebetulan udah selesai urusan sama DSA nya Nathan. Langsung suruh dateng ke tempat mommy. Begitu daddy dateng langsung eksekusi pemotongan dilaksanakan. Dan semuanya bisa diliat jelas di tivi yg ada di depan mata.
Pertama kuping bagian dalemnya di suntik bius. Sakit booow. Abis itu selaputnya di cut, and the best part, begitu mau disedot, ternyata di dalem udah bukan hanya cairan air, tapi udah mengental, udah kyk lem kanji, lendir kental dan lengket. Jadi sedotnya susah, ga mau keluar2 itu lendir, akhirnya di bantu pake alat penjepit, dijepit keluar sedikit2, abis itu selaput yg udah di cut itu dipasangin tube, keliatan di tivi sih kyk corong terbuat dari plastik atau karet gitu. Dipasang biar lubangnya tetep terbuka untuk beberapa waktu supaya ada udara masuk ke ear drumnya biar mengering, kalo ga takut ketutup lagi ntar bernanah lagi.
Dan ternyata... acara eksekusi ini yg diperkirakan kurang dari 2 menit, malah berlangsung 15 menit, karena keluarin lendirnya itu lama bener. Trus pas udah selesai kata dokternya tube nya akan berdiam di dalem kuping kurleb 4-6 bulan dan nanti akan keluar sendiri. Whaaat.... jadi itu "benda" akan ada di dalem kuping selama SETENGAH TAHUN.
Emang betul begitu keluar dari ruang praktek dokternya pendengaran serasa terbuka, budeknya udah ilang walaupun belum 100% normal. Tapi biarpun sakit telinganya udah hilang, yg ada berganti jadi sakit hati, karena melihat tagihan bon nya.
15 menit waktu yg diperlukan untuk melenyapkan si cairan dari kuping, dan 15 menit pula waktu yg diperlukan untuk melenyapkan lembaran $ 1,400.00 dari dompet.
Dan.....
Dalam waktu 1 jam lagi, mommy akan kembali ke ruang eksekusi itu. Wish me luck.....
21 comments:
Good Luck yaa len..semoga bener2 total sembuhnya....
Huheueee.. gw juga terkaget-kaget liat biayanya.. dari kantor ada asuransi kesehatan gak len?
yang penting sekarang udah baikan dan semoga cepet pulih seperti sedia kala ya...
hah jadi ngapain balik kesana lagi? kan udah sembuh toh. serem bgt sih len, jd elu ngeliat tuh smua proses operasinya dari tipi? klo gua mah ogah deh, belek belek dah sono. trus jd apa penyebab nya len? ga bole buang ingus kenceng2 klo pas flu? hihi..gw kan ga mau kehilangan 1400 buat 15 menit :p
tapi len, bsk bisa dateng kan ke city hall? heuheue
serem len, kenapa sampe bernanah gitu? karna kemasukan aer ya waktu mandi? gua itung2 pake kalkulator langsung keselek gua, mahal banget ya, trus skarang lu mau masuk lagi buat apa?
waduh mahal banget, terus kalo udah selesai lo balik lagi ngapain Len?
mudah2an abis ini ga sakit ati liat tagihan bon-nya lagi ya... get well soon ya Len :)
len, jadi dicover insurance gak?
cepet sembuh ya
ih serem amet sih len. biayanya jg najonk ya hahahahha :D sekarank uda ga napa2 kan? kog bisa sampe bernanah di dalem ya?
cepet sembuh ya :)
Buset Len, gw bacanya sampe ngilu... Gw bedah gigi aja sampe terkaing2 apalagi elu ya? Moga cepet sembuh ya Len..
Wadowww.. Bacanya jd ikutan ngeri. Huhuhu.. Paling ga enak kl pendengaran ga jelas ya.
Kl inget duit emang ga enak ya? Laen kl duitnya dibeliin tas di deretan dpn Taka ya *wink* ;)
Tp ya, pan enak jg skrg uda sakit ilangnya dan semoga cpt sembuh total ya Len..
Duh..ngeri bangeds len, kalo gw mgkn dah takut liat di tv...sereemmm...
Kalo sering korek kuping bisa sebabin infection juga ga len? temen gw dolo demen banged korek kuping trus mgkn terlalu napsu ato gimana ampe berdarah trus diangkat itu dah segede gumpalan kering darahnya..serem juga ih..
Moga2 cepet sembuh ya..
cepet sembuh yah...duh gw bacanya aja stress sendiri belom lagi liat tagihannya....kebayang lembaran2 $ itu berpindah tangan hahaha...
penyebab nanah itu apa? krn kl mandi keramas kena air trus numpuk lama2 gitu ?
hadoh serem banget len...
jadi itu infeksinya karena flu ya awalnya? serem amat ya bisa sampe jadi begitu...
good luck ya.. moga2 bisa cepet pulih ya...
samaaa..penasarannya kyk yg laen, penyebabnya kenapa ya len? serem banget yaaa...sampe bernanah segalaa. n yg lebih menyeramkan biayanya itu loch :) tp sekarang dah beres kan? dah sembuh total kan?
UPDATE : teman2 penyebab sakit kupingnya bermula dari flu, jadi entah bagaimana itu ingus nyasar ke saluran telinga, soalnya kan nyambung saluran THT.
jadi ingusnya jalan2 trus nyasar ke ear drum terperangkap di sana ga bisa keluar. infeksi deh, karena kelamaan (hampir 2mgg jadinya bernanah)
Trus kemaren balik lg ke dokter katanya udah kering ear drum nya, tapi itu tube masih dibiarin di dlm sana kurleb 6 bln, nanti akan keluar sendiri tube nya.
Kemaren cuma dibersihin aja kerak2 bekas obat tetes nya di dinding2 sekitarnya, kyk korek kuping gitu deh kotorannya di bersihin, tapi booow 3 menit korek kuping bayar $100. Hiks.....
sampai jumpa lg sama pak dokter bulan depan kontrol sinus infection di hidung sebelah kanan.
OW! sakit hati ngedenger loe mesti bayar segitu! well,..semoga sembuh total dengan lebih cepat ya Len.
ooow... emang mahal yah len biaya kesehatan. Bener2 langsung ngajol gua kaget. Tapi namanya surgery emang mahal. gapapa lah yang penting bener. Daripada disini ga murah juga tapi lebih serem, banyak malpraktek. ngeri. apalagi kan telinga aset penting. Ya pastinya kudu dibela2in ya...
semoga cepet sembuh ya len and ga usah balik2 lagi secara setiap ditoel aja ratusan dollar melayang. hehhe
oh gitu ya, bisa gitu ya ingus nyasar ke telinga?? haiya.. amit2 deh, mahalnya len, mungkin kalo flu ingusnya harus langsung dikeluarin ya...
wahhh...kok bisa ingus nyasar ke telinga len..
anyway get well soon yah
mahal bgt Len , moga2 tuntas yah sakit kupingnya .
alamak..biaya na mahal yah...
Get well soon yah Lena....gw baca kronologi loe sakit ampe merinding plus pas di surgey...soal na gw pernah operasi gigi 3 tempat (nekat)..mana obat bius na cepet ilang...kulit lg di sayat berasa gw...ahhhh
Huaaa ... ternyata jauh lebih serius dari yang gue bayangin ya Len?? gue pikir cuman sakit telinga biasa gara2 pilek, ternyata efeknya udah sampe 'semahal' itu??
cepet pulih ya Len ... ongkos berobatnya serem bangets ... hiiyyy!
Post a Comment